Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani LOTIM

Selasa, 03 April 2012

Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan STMIK jurusan TI dan SI

STMIK SZ NW Anjani (jurusan TI dan SI)
BAB II
HASIL PELAKSANAAN PKL
2.1.   Lokasi / Tempat PKL
Objek dari laporan PKL ini adalah SMA Negeri 1 Wanasaba. SMA Negeri 1 Wanasaba terletak di desa Wanasaba. Wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat.
Seiring perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Wanasaba memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:
”Mengoptimalkan potensi sumber daya Manusia untuk mencapai output yang berilmu, beriman, bertaqwa, gigih dan terampil (berita gita)”.
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut: 

1.       Berilmu
a.    Melaksanakan pembelajaran dan pembinaan secara efektif, sehingga anak didik berkembang secara optimal sesuai dengan potensi, bakat dan minat yang dimiliki.
b.    Menumbuhkembangkan semangat dalam peningkatan mutu pendidikan SMAN 1 Wanasaba secara intensif dan kontinyu.
c.    Mengembangkan motivasi anak didik, agar giat belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai persaingan secara optimal baik di dalam maupun di luar sekolah.
2.       Beriman dan Bertaqwa
a.    Meningkatkan secara efektif, kontinyu, dan optimal dalam penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama.
b.    Menumbuhkan sikap arif siswa dalam bertindak, baik didalam dan di luar sekolah
c.    Melaksanakan kerjasama dan keteladanan untuk meraih kebahagiaan dan kemuliaan hidup
d.   Meningkatkan pelaksanaan aktifitas ajaran agama
3.       Gigih dan Terampil
a.    Memotifasi dan mengajak serta membimbing anak didik untuk melihat dan mempersiapkan masa depan nya sesuai dengan potensi dan kemampuan diri yang di miliki.
b.    Menumbuhkan semangat berinovasi untuk mencapai prestasi yang lebih baik
c.    Meningkatkan daya juang bagi kemuliaan dan kebahagiaan hidup dimasa yang akan datang
d.   Menyiapkan anak didik untuk dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

2.2.   Keadaan Sekolah

1. Sarana dan Prasarana.
 a. Tanah dan Halaman
      Tanah sekolah sepenuhnya milik negara.  Luas areal seluruhnya 5770 m2. Sekitar sekolah dikelilingi oleh pagar sepanjang 360 m.
               Keadaan Tanah Sekolah SMA Negeri 1 Wanasaba
Status
:
Milik Negara
Luas Tanah
:
6.000 m2
Luas Bangunan
:
1.160 m2
Pagar
:
   360 m

b. Gedung Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar memadai.        
  Keadaan Gedung Sekolah SMA Negeri 1 Wanasaba
Luas Bangunan
:   1.937 m2
Ruang Kepala Sekolah
:   1    Baik
Ruang TU
:   1    Baik
Ruang Guru
:   1    Baik
Ruang Kelas
:   16  Baik
Ruang Lab. IPA
:   1    Baik
Ruang Lab. Bahasa
:   -
Ruang Perpustakaan
:   1 Baik
Ruang Serba Guna
:   1 Baik
Musholla
:   1    Baik
Ruang Osis
:   1    Baik
Ruang Olahraga
:   -

2.3.   Pengumpulan Data
Pengumpulan data penelitian dimaksudkan sebagai pencatatan peristiwa atau karakteristik dari sebagian atau seluruh elemen populasi penelitian.
Pengumpulan data penelitian dapat dilakukan berdasarkan cara-cara tertentu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.      Metode Observasi/Pengamatan
Metode ini dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan langsung untuk memperoleh data.
2.  Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang Siswa dan  Guru di SMA Negeri 1 Wanasaba yang kemudian akan digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sistem  informasi bagi SMA Negeri 1 Wanasaba.
3.  Metode Interview/Wawancara
Interview/wawancara merupakan teknik pengumpulan data dalam metode survei yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada subyek penelitian. Teknik wawancara dilakukan jika peneliti memerlukan komunikasi atau hubungan dengan responden. Metode ini digunakan untuk memperkuat alasan penelitian yaitu untuk mendapatkan data-data yang mungkin tidak bisa didapatkan melalui metode pengumpulan data yang lain dalam menunjang pembuatan program.
4.      Metode Literatur
Metode literatur dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku pedoman, laporan dan kepustakaan lainnya yang mendukung pembuatan system informasi SMA Negeri 1 Wanasaba yang mendukung penyusunan Laporan PKL ini.
a. Mempelajari Microsoft Visual Basic 6.0,
b. Mempelajari Database,
c. mempelajari crystal report
2.3.   Analisa Terhadap sistem/Prosedur Yang Berjalan
Sebagaimana pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan masyarakat dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk dan tingkat kebutuhan hidup masyarakat yang beraneka ragam, sehingga diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan masyarakat agar lebih berdaya guna, maka akan berakibat meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Selama kegiatan Praktek kerja lapangan di SMA Negeri 1 Wanasaba Dalam sistem yang berjalan masih banyak di temukan proses manual, walaupun menggunakan komputerisasi tapi masih berupa data mentah yang proses pengelolaannya masih belum terstruktur rapi. Sehingga ditemukan berbagai kesulitan dan akses informasi membutuhkan waktu lama dan tidak sedikit memperoleh informasi yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.
2.4.   Hasil Temuan/Permasalahan
Dari prosedur yang berjalan dapat disimpulkan permasalahan yang ditemukan diantaranya karena mengelola banyak pegawai dan siswa jika mengecek satu persatu akan membutuhkan banyak waktu, data yang berupa arsip yang tertumpuk di rak, data yang amburadur dan tidak tertata, akses informasi yang membutuhkan waktu yang lama dan berbagai kelemahan dan kekurangan yang ditemukan dalam mengelola data pribadi dan absensi guru dan siswa pada SMA Negeri 1 Wanasaba.
2.5.   Kendala-Kendala Yang Dihadapi Selama PKL
Selama melaksanakan Praktek kerja lapangan tidak terlalu ditemukan kendala-kendala yang terlalu memberatkan, seperti jauhnya lokasi/tempat PKL dari tempat tinggal dan kurangnya data yang valid untuk refrensi laporan praktek kerja lapangan.
2.6.   Solusi Pemecahan Masalah
Setelah melakukan analisa dan memperhatikan temuan masalah maka penyusun memberikan suatu solusi yaitu membuat suatu sistem absensi data guru dan siswa yang nantinya diharapkan mampu membantu dari proses pengolahan dan penyajian informasi sehingga diperoleh kemudahan, efisiensi waktu,  penyimpanan data dan informasi tidak berupa tumpukan-tumpukan tetapi berupa record-record yang dapat diakses kapan saja.



4 komentar:

  1. bab III nya mana kak, sy tuggu postingan slanjutnya, ini sangat membantu bagi saya.. trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah untuk Bab III akan segera kita upload,terima kasih atas pastisipasinya...

      Hapus
  2. kapan kak Bab III nya di uploud..??makasih seblum nya.

    BalasHapus
  3. aku dari sumbawa besar kak trus tinggal di banjar masin kalimantan selatan.aku kuliah di uniska banjarmasin jadi mau bikin laporan.minta bantuan nya ya kak..ini email saya suzukiarashi@gmail.com mudah-mudahan kaka bisa bantu saya.

    BalasHapus