Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani LOTIM

Rabu, 02 Mei 2012

BAB III Laporan Praktek Kerja Lapangan


BAB III
USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH

3.1.   Usulan Organisasi
Selama melaksanakan kegiatan PKL dengan melihat dan menemukan berbagai kekurangan dalam setiap sistem yang ada banyak ditemukan berbagai kendala dan kesulitan dalam mengolah data, itu dikarenakan kurangnya sistem yang dibangun. Sistem yang masih terstruktur manual yang pengolahannya membutuhkan waktu dan kerja yang extra.
Dengan merujuk pada tujuan PKL yaitu memberikan kontribusi yang memudahan bagi instansi/sekolah dalam segala hal yang menunjang segala kegiatan sehingga diperoleh tujuan yang diinginkan.  
Memperhatikan aplikasi sistem pengolahan data yang ada dan menjelaskan gambaran sistem yang akan dibuat dengan tujuan memudahkan, efektifnya waktu dan data yang terorganisir maka penyusun menawarkan berupa sistem informasi data guru dan siswa.
Dengan itu  sekolah menimbang dan mengusulkan untuk dibuatkan program sistem informasi yang dapat membantu memanajemen data yang ada sehingga mudah dan epektif dalam mengelola data, mengakses informasi dan data terstruktur rapi.

3.2.   Usulan Hardware/Software
Untuk menunjang dan memperolah tujuan yang diinginkan maka diusulkam hardware/ software yang akan menjadi penunjang dalam menjalankan sistem ini.
1.      Hardware
Hardware (perangkat keras) merupakan komponen fisik dalam rangkaian komputer.
Adapun hardware yang dibutuhkan diantaranya :

Untuk Selengkapnya silahkan
Download disini 


 
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
4.1  Analisa Pemilihan Perangkat Lunak
 Microsoft Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan pada saat ini, karena fasilitas yang dimiliki sangat handal untuk membangun berbagai bentuk aplikasi dan mudah dipelajari sendiri. Visual Basic merupakan event-driven programming (permrograman terkendali kejadian). Artinya program menunggu sampai respon dari pemakai berupa event atau kejadian.
Apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, misalnya pascal yang mengharuskan penulisan kode program untuk segala sesuatu yang akan diinginkan dalam kejadian (event), maka Visual Basic memberikan berbagai macam kemudahan dan fasilitas yang disediakan menjadi sangat praktis meskipun untuk pemula, program ini mudah untuk dipelajari sendiri dengan berbagai macam jenis buku yang telah diterbitkan mengenai bahasa pemrograman dengan Visual Basic 6.0.
Microsoft Visual Basic versi 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Microsoft Windows, sebagai bahasa pemrogramaan yang mutakhir, Microsoft Visual Basic versi 6.0 dirancang untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows.
a.      Stuktur Aplikasi Microsoft Visual Basic versi 6.0
Striktur Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dapat dilihat pada gambar 1 seperti dibawah ini:






Gambar 1. Struktur Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0
Keterangan:
(1)    Form
Merupakan window atau jendela di mana akan dibuat User-interface atau tampilan





Gambar 2.  form

(2)   Control
Merupakaan tampilan berbasis grafis yang dimasukkan dalam form untuk membuat interaksi dengan pemakai.
Tampilan Control, dapat dilihat seperti pada gambar 2 dibawah ini:
 








Gambar 3. Toolbox di microsoft visual basic 6.0
Adapun secara garis besar fungsi dari masing-masing control tersebut adalah sebagai berikut:
(a)    Pointer bukan merupakan suatu kontrol: icon ini digunakan ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.
(b)   PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilakan image dengan format: BMP, DIB(bitmap), CUR(cursor), WMF(metafile), EMF(enhanced metafile), GIF, dan JPG.
(c)    Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilakan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai
(d)   Textbox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
(e)    Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
(f)    CommandButton merupakan kontrol yang hampir sering ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik disana.
(g)   CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false
(h)   OptionButton sering digunakan untuk pilihan yang hanya satu pilihan dari beberapa option.
(i)     ListBox mengandung sejumlah item dan user dapat memilih lebih dari lebih dari satu (bergantung pada properti multiselect).
(j)     ComboBox merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox di mana pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
(k)   HScrollbar dan VscrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
(l)     Timer digunakan untuk proses background yang diakftifkan berdasarkan interval waktu tertentu yang merupakan control nonvisual.
 (3) Properties
Merupakan nilai atau karakteristik yang dimiliki oleh sebuah objek visual basic.





           



Gambar 4. properties
(4) Metods
Merupakan serangkaian perintah yang tersedia pada suatu objek yang diminta untuk mengerjakan tugas khusus.
(5) Event Procedure
              Merupakan kode yang berhubungan dengan objek.

(6) General Procedure
Merupakan kode yang tidak berhubungan dengan objek. Kode ini harus diminta oleh aplikasi
(7) Module
Merupakan kumpulan dari prosedure umum, deklarasi variabel dan definisi konstanta yang digunakan oleh aplikasi.

Untuk lebih lengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar